Panduan Cara Reset Password Bios Laptop Asus yang Benar

Apabila pengguna laptop Asus lupa akan password BIOSnya maka bisa jadi mereka akan kesulitan untuk masuk ke dalam Windows.

Password yang satu ini terbilang sangat penting. Itu sebabnya Anda harus mengingatnya supaya bisa masuk ke Windows.

Apabila yang lupa adalah kata sandi akun Windowsnya maka Anda dapat menggunakan bantuan berupa aplikasi Passcape.

Selain itu Anda bisa juga melakukan clean install sebagai solusinya. Namun jika yang dilupakan adalah password BIOS laptop maka akan cukup susah.

Akan tetapi hal itu ternyata bisa diakali dengan melakukan reset kata kuncinya.

Lalu bagaimana langkah melakukan reset password BIOS Asus?

Perlu dipahami jika setiap laptop ASUS yang di dalamnya terdapat Windows 8 maupun Windows 10 akan kesulitan dalam mengakses BIOS karena tingginya kecepatan Fast Startup Windows Modernnya.

Berikut ini cara reset password bios laptop asus:

Sebagai catatan: cara ini untuk yang sudah ahli dalam membongkar laptop, jika masih awam dan kawatir terjadi apa-apa lebih baik jangan diikuti karena bisa berisiko laptop tidak bisa menyala.

  • Coba terlebuh dahulu untuk menekan kombinasi tombol F2 + Power.
  • Jika Anda sudah mencobanya persis seperti membuka BIOS Satellite L645 kemudian belum juga berhasil maka caranya adalah dengan membuka casing ASUS X455LA.
  • Casing ASUS X455LA yang masih baru dibuka untuk dilakukan clear CMOSnya.
  • Namun, jika board laptop tidak mendukung baterai CMOS seperti motherboard PC dekstop maka biasanya jumper clear CMOSnya juga tak akan terlihat.
  • Untuk laptop ASUS X455LA akan memakai baterai polymer yang menjadi satu di casingnya. Coba saja cabut langsung konektornya.
  • Pada dasarnya tiap vendor laptop pastinya telah menyiapkan sejumlah kode yang bisa digunakan untuk recovery kata sandi BIOS.
  • Untuk melihatnya tekan tombol Alt + R. Dengan begitu maka akan muncul kode recovery yang bisa dipakai beserta dengan tanggal defaultnya.
  • Jika sudah menekan kombinasi tombol tersebut namun kodenya belum keluar dan juga ada yang janggal dengan tanggal defaultnya maka cobalah untuk membenahi casing laptop dan memasang kabel-kabelnya terlebih dahulu, karena biasanya akan bekerja dengan baik.
  • Jika sudah dibenahi, nyalakan dan tekan lagi Alt + R kembali, maka kode bisa muncul.
  • Jika masih tidak ketemu maka bisa dilihat di: https://bit.ly/2TZscrI.
  • Jika sudah memasukkan kode tersebut maka tekan enter.
  • Apabila sudah menekan enter maka BIOS dapat dibuka lagi. Dengan begitu Anda bisa melakukan penyetingan ulang kata sandinya.

Demikian penjelasan mengenai langkah mudah dalam melakukan reset password BIOS pada Asus.

Jika cara yang dituliskan di atas masih belum bisa berhasil maka mungkin Anda dapat datang ke gerai Asus resmi dan menanyakan detailnya di sana. Atau hubungi call centernya dan tanyakan saja.

Dengan begitu mereka bisa membantu memberikan solusi atas permasalahan yang dialami.

Baca juga: Apa perbedaan reset dan restart.

Namun, jika dilakukan secara berurutan maka cara di atas bisa saja berhasil. Semoga penjelasan ini bisa menambah informasi Anda. Selamat mencoba.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *