Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca di Hp Android

Pengguna smartphone terkadang dihadapkan pada sesuatu yang sulit. Mulai dari tiba-tiba ada virus hingga menyebabkan performanya mengganggu.

Tidak hanya itu saja, faktor lain yang juga sering membuat jengkel ialah kartu sim tidak terbaca oleh sistem telepon genggam.

Hal itu jelas sangat mengganggu karena Anda tidak akan mendapatkan sinyal untuk komunikasi.

Maka dari itu, sebaiknya Anda cari tahu mengenai cara mengatasi sim card eror atau tidak terbaca.

Permasalahan kartu sim memang terlihat pelik dan mengganggu. Apalagi jika sedang dalam kondisi penting yang membutuhkan jaringan sinyal. Jelas semuanya akan terganggu dan sangat terhambat.

Namun, sebelum membahas cara mengatasi sim card eror atau tidak terbaca, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu beberapa kemungkinan yang menyebabkannya.

Penyebab Sim Card Tidak Terbaca Pada Handphone Android:

  • Sim Card Berkarat atau Usang. Permasalahan ini sering terjadi jika Anda sudah terlampau lama menggunakan kartu sim. Biasanya kartu tersebut mulai usang dan menyebabkan beberapa detail kuningannya terlepas atau sudah mulai berkarat. Akibatnya tentu saja menggagalkan jalur arus pada telepon genggam.
  • Dudukan Penghubung Sim Rusak. Bila mengalami permasalahan jaringan yang eror. Bisa juga terjadi akibat salah satu perangkat penting Anda rusak yaitu dudukan kartu simnya. Hal itu jelas mengganggu dan membuatnya tidak pas sehingga tidak terbaca oleh sistem.
  • Kesalahan Sistem Pada Kartu Sim. Selain dikarenakan faktor di atas, kesalahan saat mengisi prosedur keamanan seperti PUK dan PIN juga dapat menjadi penyebabnya. Sebab segala sistemnya menjadi tidak sinkron dan pada akhirnya akan terjadi eror.
  • Jalur Kuningan Terputus. Penyebab kali ini lebih mengarah ke bentuk kuningan pada kartu sim. Lihat detail kartu dengan baik, mungkin saja di depannya terlihat mulus akan tetapi bila kuningannya ada yang terputus maka sama saja akan membuat tidak terbaca dengan baik.

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan yang menyebabkan tidak kebacanya kartu sim, maka semakin memudahkan Anda dalam mengetahui cara mengatasi sim card eror atau tidak terbaca.

Tips yang akan ditampilkan akan terkesan mudah. Beberapa bahkan bisa dilakukan sendiri.

Hal ini sama seperti ketika: cara memperbaiki memory card error tidak terbaca dan cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca.

Jadi lebih baik langsung saja simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Berikut Ini Cara Mengatasi Sim Card Eror dan Tidak Terbaca:

Bersihkan Kartu Sim

Bisa saja kartu sim tidak terbaca dikarenakan terlalu banyak kotoran yang menempel pada kartunya.

Jika begitu maka segera memeriksanya lalu lakukan pembersihan dengan lap kering yang halus sehingga tidak semakin merusak.

Pertama matikan dahulu telepon genggam Anda kemudian langsung saja memulai proses pembersihan terutama pada jalur kuningannya. Lakukan secara perlahan dan jangan terlalu ditekan.

Hal itu justru bisa semakin merusak jalur kuningan yang terdapat di dalamnya.

Cabut Sim Card lalu pasangkan kembali

Jika masih tidak bisa cobalah untuk cabut sim card lalu nyalakan hp,tunggulah beberapa saat dan jika sim card tidak terdeteksi matikan hp dan ulangi kembali, yakni cabut sim card.

Ulangi berkali-kali hingga sampai sim card terdeteksi.

Lakukan Pengetesan Dudukan Kartu Sim

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bisa saja kartu sim eror akibat dudukannya mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, cara mengatasi sim card eror atau tidak terbaca ini ialah dengan melakukan pengetesan pada dudukan tersebut.

Caranya simpel kok Anda cukup mematikan telepon genggam lalu ganti terlebih dahulu dengan kartu sim lain.

Jika sudah nyalakan kembali ponsel kemudian cek apakah terbaca atau tidak. Jika langsung terbaca berarti masalah terjadi akibat dari kartu simnya yang rusak.

Sebaliknya bila tidak terbaca maka penyebabnya tak lain dan tak bukan ialah dudukannya yang rusak.

Lakukan reset pabrik

Cara ini dilakukan sebagai langkah akhir apabila tahap di atas sudah dilakukan namun masih tidak terbaca.

Pastikan dahulu Anda benar-benar paham mengenai cara melakukannya. Jika tidak justru semakin membahayakan.

Hal yang tidak kalah penting juga ialah lakukan back up data terlebih dahulu agar file penting tidak terhapus secara permanen.

Untuk melakukan reset pabrik berikut ini caranya:

  1. Pergi ke setelan (settings).
  2. Lalu pilih Application Manager (Aplikasi manager).
  3. Kemudian pilih Backup and restore (cadangkan dan setel ulang).
  4. Setelah itu pilih Reset ke setelan pabrik (Factory data reset).
  5. Tunggu beberapa saat biasanya agak lama, bahkan hp terlihat hitam lama

Sebagai catatan, cara ini menggunakan hp samsung. Jika menggunakan hp lain silahkan diimprovisasi bagaimana cara factory data reset (reset pabrik).

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sim card eror atau tidak terbaca.

Lakukan secara teliti dan benar agar efektif. Namun, apabila permasalahan terjadi akibat usangnya kartu sim sebenarnya Anda dapat melakukan cara yang mudah yakni ganti kartu saja.

Anda dapat mendatangi gerai pusat merek kartu yang digunakan. Tenang saja nomor telepon Anda tidak akan ganti.

Give a Comment