Sistem Operasi 32-bit Vs 64-bit

Saat membeli perangkat komputer atau smartphone, biasanya Anda akan diberikan pilihan perangkat 32-bit atau 64-bit. Namun apa sebenarnya maksud dari keduanya? Lalu, apakah Anda bisa membedakan perbedaan 32-bit dan 64-bit tersebut? Jika belum perhatikan penjelasan berikut.

Sistem operasi pada perangkat dibedakan menjadi sistem operasi 32-bit dan 64-bit. Jika dilihat dari aspek penggunaan RAMnya, sistem operasi 32-but biasanya hanya bisa menggunakan RAM dengan kapasitas maksimal 4GB saja. Sedangkan performa optimalnya hanya pada kisaran 1-2GB saja.

Berbeda dengan sistem operasi 64-bit bisa menjalankan RAM hingga berkapasitas besar. Batas maksimal kapasitas RAM agar terbaca oleh sistem operasi ini hingga mencapai 192GB. Berbeda dengan sistem operasi sebelumnya yang hanya bisa membaca RAM maksimal pada kapasitas 4GB.

Sistem 64-bit dianggap sangat cocok untuk digunakan pada perangkat yang dalam penggunaannya harus bekerja lebih keras. Misalnya komputer yang digunakan untuk membuat animasi, membuat game dengan spesifikasi tinggi hingga komputer yang digunakan untuk render.

Hal selanjutnya yang membedakan kedua sistem operasi ini adalah pada pemrosesan data yang dilakukannya. Sistem operasi 33-bit hanya bisa memroses data hingga sebesar 64 nilai komputasi. Sedangkan, pada sistem operasi 64-bit boss memroses data hingga kisaran 256 nilai komputasi dalam satu kali siklus pemrosesan.

Tidak hanya itu saja, perbedaan selanjutnya adalah pada versi 64-bit sudah dilengkapi dengan adanya fitur patchguard. Fitur ini sangat berperan dalam mencegah malware maupun virus yang bisa mengubah setting kernel komputer.

Perbedaan terakhir yang membedakan sistem operasi 32-bit dan 64-bit adalah pekerjaan yang bisa dilakukan. Sistem dengan 64-bit bisa melakukan berbagai pekerjaan yang sifatnya cenderung lebih berat. Misalnya mengedit video, bermain game berat, hingga membuat animasi.

Sedangkan pada sistem operasi 32-bit hanya bisa melakukan berbagai pekerjaan yang sifatnya standar. Misalnya bermain game ringan, mengetik atau memainkan fitur-fitur multimedia pada komputer. Keduanya juga pasti memiliki keunggulan dan kekurangan.

Keunggulan dan Kelemahan Sistem Operasi 32-bit dan Sistem Operasi 64-bit

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan jika sistem operasi 64-bit memiliki lebih banyak keunggulan. Meskipun begitu, keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti perbedaan 32-bit dan 64-bit dilihat dari kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Keunggulan Sistem Operasi 32-bit

  1. Kompatibel dengan software lama serta cocok digunakan pada PC atau komputer bertipe lama.
  2. Kompatibel dengan driver komputer tipe lama
  3. Tetap bisa bekerja dengan optimal meskipun hanya memiliki RAM 2GB.

Kelemahan Sistem Operasi 32-bit

  1. Tidak bisa menggunakan RAM dengan kapasitas lebih dari 4GB.
  2. Tidak bisa digunakan untuk menjalankan software yang terlalu berat.
  3. Untuk software terbaru, hanya sedikit yang kompatibel dengan sistem operasi ini.
  4. Tidak bisa digunakan untuk menjalankan pekerjaan yang sifatnya berat seperti editing video atau membuat animasi 3D.

Keunggulan Sistem Operasi 64-bit

  1. Kinerja prosesor bisa lebih optimal dan pastinya lebih cepat.
  2. Bisa menjalankan segala jenis software terbaru dan kompatibel dengan sistem yang sebelumnya, yaitu sistem operasi 32-bit.
  3. Performa lebih cepat dan efisien
  4. Bisa mengerjakan pekerjaan yang sifatnya cenderung lebih berat. Misalnya bermain game terbaru, mengedit video bahkan membuat animasi 3 dimensi.

Kekurangan Sistem Operasi 64-bit

  1. Tidak bisa kompatibel dengan software keluaran atau tipe lama yang kebanyakan masih digunakan.
  2. Tidak kompatibel dengan komputer atau pc tipe lama. Hal ini karena kebanyakan antara software dab drivernya tidak kompatibel.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang perbedaan 32-bit dan 64-bit pada sistem operasi yang digunakan pada komputer. Dengan mengetahui perbedaan ini, Anda bisa mengetahui sistem operasi mana yang kompatibel atau sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Di sini saya akan memberikan pengalaman seputar teknologi mulai dari komputer-laptop hingga sampai Handphone. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *