Mengenal Arti Status Pengiriman Paket Pos Indonesia Saat Cek

PT pos Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman maupun surat menyurat.

Perusahaan pos yang merupakan BUMN memiliki keunggulan seperti mempunyai banyak cabang di setiap daerah, hal ini tentu saja mempercepat pengiriman serta memudahkan daerah-daerah terpencil untuk dijangkau.

Paket pos untuk pengiriman barang berupa paket biasanya disebut dengan Pos Express dan paket ini terbagi menjadi dua.

Paket pertama adalah sameday service yang memungkinkan paket tiba di hari yang sama, sedangkan yang kedua adalah next day service dimana paket ini akan tiba dengan durasi 1 – 3 hari ke depan tergantung destinasinya.

Setelah melakukan pengisian formulir pengiriman, biasanya petugas akan memberikan nomor barcode atau resi yang dapat Anda gunakan untuk tracking paket pos Indonesia melalui website resminya.

Dengan nomor ini Anda bisa tahu sudah sejauh mana perjalanan paket Anda. Lalu bagaimana dengan arti setiap status yang Anda lacak?

Terkadang sebagian orang masih bingung dan belum paham dengan tulisan-tulisan tersebut.

Maka dari itu, di bawah ini akan di bahas mengenai beberapa macam status tracking paket pos Indonesia.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa proses tracking melalui web ini Anda perlu memasukkan barcode atau resi secara benar, serta membaca hasil tracking dari atas ke bawah. Berikut ini arti status pengiriman paket Pos Indonesia.

Baca juga:

Berikut ini macam-macam Arti Status Pengiriman Paket Pos Indonesia:

  • Penerimaan di loket / Posting Loket: Jika status paket Anda masih dalam tahap ini berati paket Anda baru diterima oleh kantor pos dan masih belum masuk ke proses pengiriman. Perhatikan pula kode pada nomor tracking tersebut, kode ini mewakili lokasi paket Anda.
  • Berangkat ke Kantor Penerusan / Diteruskan ke Hub: Sesuai informasi berarti status paket Anda sekarang sudah diproses dan diserahkan menuju gudang sortir kantor pos pusat dari kota pengiriman. Kemudian akan dilakukan penjadwalan pada paket tersebut untuk dikirim ke gudang kantor pos di Kota tujuan.
  • Puri Kirim / Tiba di Hub: Setelah dilakukan pengiriman dan tiba di hub kemudian paket akan disortir sesuai dengan kota tujuan, dan jadwal akan disesuaikan dengan jenis pengiriman paket yang dipilih. Setelah jadwal ditentukan paket akan langsung diantarkan menuju gudang kantor pos di kota penerima. Biasanya pengambilan lokasi gudang ini dipilih dari yang terdekat dengan lokasi penerimanya.
  • Manifest Terima / Diteruskan ke Kantor Antaran: Selanjutnya jika proses pengiriman sudah sampai ke tahap manifest terima, berarti kiriman Anda sudah berada di kota tujuan. Hanya saja dalam proses ini paket Anda masih berada di gudang kantor pos, dan melewati proses penyortiran sesuai wilayah untuk nantinya diteruskan ke kantor antaran.
  • Misalnya saja alamat paket yang tertulis berada di Kota Batu, maka sebenarnya paket ini dikirim ke gudang kantor pos pusat di Malang. Setelah proses penyortiran selesai paket baru akan dibuatkan jadwal untuk diteruskan ke kantor antaran Kota Batu.
  • Manifest Serah: Jika Status tracking paket pos Indonesia menunjukkan manifest serah maka paket tadi sudah sudah melewati penyortiran dan sedang dikirim menuju kantor antaran. Kantor antaran ini akan disesuaikan pada lokasi terdekat dengan alamat pengiriman. Sekali lagi biasanya pada pengecekan nomor resi akan terdapat kode kantor pos sekaligus nama kantor agar Anda dapat mengetahui secara pasti dimana lokasi paket Anda berada.
  • Puri Terima / Tiba di Kantor Antaran: Nah pada status ini berarti paket Anda sudah hampir sampai, karena paket Anda telah berada pada kantor antaran. Sebelumnya paket Anda akan diproses dengan dilakukan jadwal kirim terlebih dulu, kemudian barulah dilakukan pengiriman oleh para kurir sesuai alamat yang tertera.
  • Proses Antar: Proses ini merupakan tahap eksekusi dimana para kurir atau pak pos mengantarkan barang Anda ke alamat tujuan. Biasanya jika tracking sudah menunjukkan status ini, barang Anda akan dikirim hari itu juga. Maka sebaiknya penerima ataupun wakil penerima harus standby agar kiriman tidak dikirim ulang keesokan harinya.
  • Selesai Antar: Informasi sampai tidaknya paket biasanya dituliskan juga ke dalam tracking. Terdapat dua kemungkinan dalam status tracking paket pos Indonesia ini yaitu paket sampai langsung ke tangan penerima atau wakil penerima dan kemungkinan lainnya paket tersebut tersebut gagal dikirim.

Kiriman Berhasil Diterima

  • Kiriman Diterima Langsung: Dalam hal ini berarti barang telah diterima oleh penerima aslinya. Kemudian oleh kantor pos akan di data dan dimasukkan ke informasi tracking dan menyatakan proses pengiriman telah selesai.
  • Pegawai: Misalkan penerima bekerja di sebuah kantor ataupun instansi, maka paket tersebut dapat diterima satpam, sekretaris, mailroom ataupun karyawan lain yang memang ditujukan sebagai penerima barang dari luar. Oleh karena itu aman bagi kurir pos menyerahkan paket tersebut pada mereka. Namun bila tracking sudah menunjukkan barang telah diantarkan dan Anda belum menerimanya maka perlu Anda tanyakan lebih jelasnya dengan menghubungi kantor pengiriman atau customer service.
  • Orang Serumah: Dalam beberapa kondisi kiriman paket juga sangat mungkin diterima orang yang tinggal serumah seperti keluarga ataupun pembantu rumah tangga. Jika orang yang menerima paket masih berhubungan dengan nama yang tertera, maka bisa dianggap paket telah berhasil diantarkan.
  • Pengurus Kos / Asrama: Hal seperti ini sangat umum terjadi di perkotaan ataupun daerah yang dekat dengan kampus, karena bisa jadi alamat tujuan merupakan asrama atau kos. Maka dari itu saat ada paket datang yang pertama kali menerimanya adalah pengurus atau pemilik kos. Oleh karena itu bagi yang tinggal di hunian semacam ini sebaiknya menanyakan terlebih kepada pengurus kos apabila merasa hasil tracking menunjukkan paket selesai diantarkan.
  • Orang yang Diberi Kuasa: Hampir sama dengan poin-poin sebelumnya dimana paket diterima oleh orang lain, namun dalam hal ini karena suatu alasan orang tersebut memang diberi kuasa langsung oleh si penerima asli. Maka dari itu si penerima merasa paket tersebut aman jika diterima oleh wakil yang dipilihnya.
  • Mengambil Paket Ke Kantor Pos: Terkadang karena berbagai faktor seperti privasi barang yang dikirim ataupun efisiensi waktu, beberapa penerima secara sengaja meminta paket tersebut untuk diambil oleh mereka sendiri. Biasanya menggunakan cara seperti menyuruh si pengirim untuk menuliskan pesan diatas paket disertai dengan nomor telpon penerima.
  • Kemudian saat paket masuk ke jadwal antar maka si penerima tadi akan dihubungi melalui telpon oleh kantor pos setempat untuk mengambil barangnya. Hal yang lumayan penting adalah tetap menyimpan nomor resi, supaya saat pengambilan barang di kantor pos prosesnya lebih mudah dan cepat.

Paket Tertunda atau Gagal Dikirim

Beberapa kondisi terkadang membuat paket yang dikirim tidak kunjung sampai ke tangan penerima, hal ini pun secara otomatis menyebabkan pengiriman ulang atau bisa juga dianggap sebagai kegagalan pengiriman. Biasanya saat paket gagal diterima maka barang tersebut akan dikembalikan ke alamat si pengirim.

  • Kendala Pengiriman: Jika paket Anda tidak kunjung sampai dalam waktu seharusnya dan proses tracking masih menunjukkan pengiriman oleh kurir, mungkin karena terjadi kendala saat proses pengiriman ke alamat Anda. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi terlambatnya pengiriman seperti kondisi cuaca, rumah yang kosong saat didatangi kurir, ataupun akses jalan yang sulit ditempuh.
  • Selama alamat yang tertulis pada paket tersebut benar serta terdapat nomor yang bisa dihubungi maka paket Anda dipastikan akan sampai ke tujuan walaupun mengalami keterlambatan. Namun bila tidak ada kejelasan maka Anda dapat mengunjungi kantor pos terdekat dengan membawa nomor resi yang Anda terima.
  • Alamat tidak Jelas: Inilah pentingnya menulis alamat secara lengkap dan jelas saat mengirim barang, tujuannya supaya barang dapat sampai dengan cepat. Apabila hasil tracking paket Anda menunjukkan alamat yang tidak jelas maka segera hubungi pusat bantuan PT Pos Indonesia sebelum paket Anda diproses lebih lanjut. Dengan demikian maka destinasi paket tersebut dapat diinput lagi menggunakan alamat yang benar, sehingga paket dapat sampai dengan selamat.
  • Penerima Tidak dikenal: Apakah nama asli dibutuhkan pada proses pengiriman? Tentu saja mengisi nama asli pada data penerima sangatlah penting dilakukan. Walaupun mungkin paket tersebut berasal dari situs jual beli online menggunakan username namun si pengirim tetap wajib untuk menyertakan nama asli penerima. Karena dengan begitu kurir pos akan lebih mudah mencari lokasi rumah penerima, selain itu penggunaan nama asli juga menjamin barang tersebut dapat diterima oleh tangan yang tepat.
  • Pindah alamat: Satu lagi alasan mengapa paket tidak kunjung sampai ke tangan penerima yaitu karena si penerima paket telah berpindah hunian pada saat barang diantarkan oleh kurir. Kondisi seperti ini akan semakin ribet apabila tidak ada nomor telpon yang dapat dihubungi ataupun alamat baru dari si penerima. Maka jalan satu-satunya adalah mengembalikan paket tersebut ke alamat pengirim, dan paket dinyatakan gagal dikirim.
  • Paket Ditolak Penerima: Berbeda dengan kondisi lain mengapa paket tidak sampai ke penerima, dalam hal ini paket sebenarnya telah diantarkan ke alamat tujuan namun si penerima sendirilah yang menolaknya. Adapun beberapa alasan paket ditolak seperti pengirim yang tidak dikenal, alamat dan nama penerima yang tidak sesuai, dan lain sebagainya.
  • Nomor Resi Tidak Terdaftar: Kasus lain kenapa paket tidak kunjung diterima yaitu karena nomor resi tidak terdaftar, biasanya dalam kondisi ini terdapat kesalahan menulis nomor resi yang dikirimkan kepada penerima. Adapun contoh ekstrim seperti pengirim memberi nomor resi palsu, biasanya contoh ini kerap terjadi pada penipuan jual beli online dimana barang tidak benar-benar dikirim.
  • Luar Batas Antaran: Apabla Anda merasa jarak tempat tinggal Anda terlalu jauh dengan kantor pos seperti di pegunungan atau daerah yang sudah dijangkau, maka Anda dapat mengunjungi lokasi kantor pos sesuai dengan hasil tracking. Karena jika paket Anda tidak kunjung sampai dan tidak diambil selama 14 hari, maka otomatis paket tersebut akan dikembalikan ke alamat pengirim. Hal ini dikarenakan daerah yang susah dijangkau biasanya mengalami kendala dalam pengiriman, apalagi jika harus menyebrang pulau untuk mengirimkan paket Anda.
  • Jadwal Penerimaan Berdekatan Dengan Hari Raya: Apabila Andaberniat melakukan pengiriman paket ataupun melakukan pembelian online sebaiknya hindari waktu yang berdekatan dengan hari raya terutama idul fitri. Karena menjelang idul fitri dan setelahnya seluruh kegiatan PT Pos Indonesia akan diliburkan. Sehingga jadwal pengiriman pada tanggal-tanggal tersebut akan ditunda dan disimpan pada gudang sampai kegiatan pos aktif kembali.

Selain itu kepadatan gudang, macetnya arus mudik, serta larangan truk kargo melintas juga menjadi salah satu alasan mengapa paket mengalami keterlambatan. Sama halnya dengan jadwal pengiriman mendekati tahun baru ataupun natal dimana paket sering mengalami penundaan pengiriman, karena kemacetan dan kepadatan gudang tak dapat dihindari.

Seperti itulah bagaimana cara membaca status tracking paket pos Indonesia hingga proses pengiriman selesai. Terdapat juga beberapa tips yang dapat memudahkan Anda saat terjadi keterlambatan pengiriman dan cara untuk menghindarinya.

You May Also Like

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *