Susunan Kabel Crossover yang Benar dan Fungsinya

Bagaimana sih susunan kabel cross-over yang benar sehingga bisa digunakan untuk menghubungkan kabel satu dengan lainnya. Artikel ini mengulas lebih detail informasinya.

Apa fungsi dari kabel cross over? Ketahuilah bahwa bisa digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan lainnya kemudian juga bisa menghubungkan pada sebuah jaringan.

Dengan demikian maka Anda harus mengetahui susunan kabel cross-over yang benar agar dapat digunakan.

Ketahuilah bahwa kabel cross-over ini digunakan untuk menghungkan router, switch HUB yang berjenis kabel UTP yang harga kabelnya cukuplah terjangkau.

Apa itu UTP? Kenalilah sebagai kabel Unshielded Twisted Pair. Nah, kabel ini pastinya harus disusun dengan urutan kabel cross over yang benar.

Berikut Susunan kabel Cross-over sesuai urutan:

PinKabel AKabel B
1Putih Orange
Putih Hijau
2OrangeHijau
3Putih HijauPutih Orange
4BiruBiru
5Putih BiruPutih Biru
6HijauOrange
7Putih Coklat
Putih Coklat
8CoklatCoklat

Urutan warna kabel cross ujung 1

Nah, urutan warna kabel cross yang pertama yaitu gunakan warna yang sesuai dengan urutan kabel straigh yaitu untuk ujung A dimulai dengan warna Putih orange, Orange, Putih hijau, Biru, Putih biru, Hijau, Putih coklat, dan coklat.

Dengan pemasangan susunan yang tepat pastinya kabel cross dapat digunakan untuk menyambungkan perangkat komputer yang satu dengan lainnya, bahkan bisa menghubungkan pada sebuah jaringan.

Urutan warna kabel cross ujung 2

Berikutnya, untuk susunan warna kabel cross ujung 2 yaitu dimulai dengan kabel warna Ujung B pada kabel cross berwarna putih hijau, hijau, putih orange, biru, putih biru, orange, putih coklat, dan coklat.

Tentunya, susunan hampir sama dengan susunan kabel straight bukan?

Hanya saja memang sebelumnya tidak melalui cara kabel diluruskan terlebih dahulu ketika dimasukan ke dalam pin. Dengan demikian pastinya akan memudahkan Anda untuk menghubungkan kabel antar komputer maupun jaringan.

Apabila Anda sudah berhasil menghubungkan susunan kabelnya maka hasilnya seperti gambar di atas.

Demikianlah seputar penjelasan mengenai susunan kabel cross-over yang benar sehingga dapat menghubungkan antar perangkat satu dengan lainnya.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *