5 Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Login GrabDriver

Pekerjaan sebagai ojek online ataupun ojol banyak digeluti oleh banyak orang karena memiliki banyak keuntungan.

Namun, ada kalanya Anda tidak bisa turun ke jalan karena tidak bisa login aplikasi driver seperti Gojek, Grab dan lainnya. Karena itu, dibutuhkanlah cara mengatasi gagal login aplikasi GrabDriver.

Saat ini aplikasi ojol yang paling banyak diminati adalah Grab dan Gojek. Keduanya memiliki driver dalam jumlah banyak serta fitur pelayanannya semakin lengkap.

Oleh karena itu, menjadi driver di kedua tempat ini sangatlah menguntungkan karena Anda bisa memiliki komunitas dan pengalaman berharga.

Menjadi seorang driver ojol Grab ternyata memiliki kendala tersendiri. Seperti customer yang beragam, keadaan jalan raya yang tidak dapat diprediksi serta gagal login pada aplikasi driver.

Masalah ini tentu sangat merugikan karena membuat driver tidak bisa menerima order dan kehilangan pendapatan harian.

Penyebab dari para driver grab tidak bisa login pada aplikasinya bisa disebabkan banyak hal, baik itu kesalahan sistem, hp error ataupun dari kostumer dan lainnya.

Namun, terdapat beberapa sumber utama yang menyebabkan aplikasi driver Grab tidak bisa login, yaitu:

Keluar Aplikasi Secara Otomatis

Terkadang ketika Anda akan login ke akun driver Grab, secara tiba-tiba Anda keluar dari aplikasi tersebut secara otomatis.

Ketika prosesnya diulangi, Anda tetap mengalami kejadian yang sama. Tentu hal ini sangat mengesalkan karena Anda dapat kehilangan order terutama di jam sibuk.

Ketika hal ini terjadi, Anda diharapkan jangan panik dan langsung menghubungi GDC (Grab Driver Centre).

Karena pihak Grab dapat melakukan pembekuan sementara sambil mencari sumber masalahnya. Padahal cara untuk mengatasi masalah ini sangatlah mudah.

Pihak Grab melalui website resminya mengatakan bahwa kejadian para driver yang tiba-tiba keluar dari aplikasi disebabkan oleh pemakaian aplikasi driver Grab versi lama.

Padahal, pihak Grab selalu melakukan pembaharuan aplikasi agar semakin mudah digunakan.

Oleh karena itu, solusi untuk masalah ini adalah Anda harus mencoba untuk update aplikasi driver Grab terlebih dahulu. Caranya tinggal buka Google PlayStore dan cari aplikasi driver Grab.

Klik dan cek apakah ada update terbaru atau tidak. Jika ada maka segera update aplikasi Anda.

Tunggulah beberapa saat sampai proses update dan instalasi selesai. Jika telah selesai maka buka aplikasi tersebut dan Anda sudah dapat login kembali.

Aplikasi Error

Salah satu masalah yang sering menimpa pada suatu aplikasi adalah status error. Hal ini biasa disebabkan banyak hal, seperti banyaknya junk file sehingga membuat performa smartphone menurun, ataupun hp yang dipakai kurang mumpuni.

Karena, pihak Grab telah menyarankan para driver untuk menggunakan smartphone dengan RAM minimal sebesar 1 GB agar aplikasi driver Grab dapat terkoneksi dengan baik pada GPS.

Jadi, Anda dapat menemukan order dan mengantarkan penumpang ataupun food dengan cepat.

Jika RAM smartphone Anda kurang dari 1GB maka kejadian aplikasi error akan semakin sering terjadi. Karena, smartphone Anda harus menyimpan cache aplikasi driver Grab dan aplikasi lainnya sehingga dapat mengganggu ketika menggunakan aplikasi tersebut.

Salah satu cara menangani hal ini adalah dengan menghapus data cache tersebut. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik menu setting pada smartphone Anda.
  • Tekan pilihan aplikasi atau manajemen aplikasi.
  • Kemudian pilih aplikasi GRABDRIVER.
  • Setelah terbuka, klik tombol menghapus data cache. Tunggu beberapa saat sampai proses ini selesai.
  • Namun, jika masih terasa lambat Anda tidak hanya menekan tombol penghapus data cache tapi juga menghapus data yang ada pada aplikasi GRABDRIVER agar semakin banyak ruang kosong di smartphone tersebut.

Setelah itu, segera restart smartphone Anda. Jika hp Anda tidak pernah terserang virus maka Anda sudah dapat login kembali. Namun, jika masih ada kendala maka cara berikutnya hapuslah beberapa aplikasi yang paling jarang Anda gunakan agar aplikasi driver Grab dapat lancar digunakan.

Akun Dibekukan

Salah satu penyebab terbesar dari tidak bisanya driver Grab untuk login adalah dikarenakan akunnya dibekukan secara tiba-tiba. Penyebab akun dibekukan bermacam-macam seperti laporan konsumen yang kecewa, penyalahgunaan aplikasi, rooting hp dan lainnya.

Beberapa waktu lalu tersiar kabar pemakaian aplikasi driver hantu yang memungkinkan driver melakukan perjalanan antar padahal aslinya tidak demikian. Kejadian ini memang menguntungkan driver karena memperoleh uang dengan mudah namun merugikan pihak Grab.

Namun, jika penyebab dibekukannya akun adalah pernyataan konsumen yang kecewa Anda bisa datang ke GDC untuk memberikan penjelasan dan pembelaan. Karena tidak selamanya laporan dari konsumen benar, karena banyak ditemukan konsumen nakal yang berniat jahat kepada ojol.

Bisa juga melalui forumlir yang telah tersedia di sini: akun grab non-aktif sementara.

Pihak Grab akan mempertimbangkan pernyataan kedua belah pihak. Jika Anda benar maka akun driver Grab akan segera pulih. Jika tidak Anda mungkin menerima pemblokiran selama beberapa hari. Namun, itu masih lebih baik daripada akun Anda dibekukan secara permanen.

Selain menggunakan cara mengatasi gagal login aplikasi GrabDriver di atas, Anda juga bisa melakukan penolakan untuk order yang masuk. Karena terkadang terdapat kostumer yang sombong dan menyebalkan, daripada Anda menanggung risiko di suspend lebih baik menolak order tersebut. Walaupun, pada akhirnya performa Anda akan menurun karenanya.

Akan tetapi, untuk menghindari hal ini Anda sebagai ojol harus berperilaku sopan sehingga konsumen nyaman menerima layanan jasa Anda. Konsumen juga akan maklum dan mengerti keadaan Anda jika dibicarakan dengan baik-baik.

Data Pribadi yang Bermasalah atau Tidak Lengkap

Untuk mendaftar sebagai driver Grab Anda harus memiliki email dan nomor hp yang aktif.

Usahakan untuk memakai akun gmail karena smartphone sekarang mudah terintegrasi dengan email tersebut. Jadi, Anda tidak perlu susah payah mengetik email untuk login kembali

Namun, hal ini bisa menjadi masalah jika Anda memiliki banyak email karena Anda bisa lupa email yang mana untuk akun driver Grab dan lainnya.

Terlebih jika Anda tidak bisa menjaga nomor hp yang terdaftar untuk selalu aktif. Jika ini terjadi maka masalahnya akan semakin rumit.

Jika lupa password email, Anda masih bisa memulihkannya asalkan nomor hp yang terdaftar masih aktif karena Anda akan memperoleh sms untuk nomor verifikasi. Namun, jika tidak maka akun Anda dapat hilang dan tidak bisa dipakai kembali.

Jika hal ini terjadi, maka solusinya adalah Anda harus mendatangi GDC secepat mungkin untuk melaporkan hal tersebut. Setelah itu tunggulah beberapa saat sampai diperoleh solusi untuk masalah Anda.

Gagal Melakukan Verifikasi Wajah

Keamanan merupakan hal yang sangat penting agar akun Anda sebagai driver Grab tidak bisa dibajak atau digunakan orang lain secara sembarangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah orang jahat yang memakai akun driver untuk mencuri uang atau melakukan tindak kejahatan lainnya.

Selain memakai user akun dan password ternyata Grab menerapkan pemindaian wajah sebagai fitur keamanan tambahan kepada para driver. Karena pihak Grab hanya mengizinkan si pemilik akun saja yang dapat turun ke jalan sebagai mitra dari Grab.

Namun, solusi ini ternyata menjadi masalah baru bagi para driver Grab. Karena, banyak ditemukan kejadian dimana pemindaian wajah gagal dilakukan sehingga tidak bisa login. Penyebabnya sangat beragam, mulai dari minimnya pencahayaan, kamera hp buruk dan lainnya.

Hal ini akan menjadi rumit jika para driver memakai smartphone lama. Karena bisa saja beberapa hardware ataupun softwarenya mengalami kerusakan. Salah satu hardware yang kunjung rusak karena pemakaian adalah kamera smartphone yang akan kualitas fotonya akan semakin blur.

Ketika login gagal dan Anda tetap memaksakan diri, maka sistem Grab dapat menilai upaya Anda sebagai tindak peretasan, sehingga akun driver Grab Anda akan diblokir secara otomatis. Solusinya adalah Anda harus datang ke Grab Driver Centre untuk mengaktifkan kembali akun tersebut.

Nah, itulah beberapa masalah dan cara mengatasi gagal login aplikasi GrabDriver yang perlu Anda ketahui. Informasi ini penting bagi para driver Grab ataupun yang bukan ojol. Karena, jika Anda menjadi bagian dari ojok di masa depan, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *