Cara Download Agar File Tidak Corrupt di Komputer-Laptop

Seringkali ditemui ketika selesai mendownload file dari internet, file tersebut tidak bisa dibuka karena corrupt.

Hal ini biasanya terjadi karena ketidaksengajaan yang terjadi di jaringan internet, namun bukan hanya hal itu saja yang menyebabkan file menjadi corrupt.

Ada beberapa penyebab lainnya yang dapat menyebabkan file menjadi corrupt, seperti ketelodoran ketika selesai mendownload ditaruh di hardisk yang sudah mendekati batas kapasitas, tidak memakai download manager, dsb.

Lalu bagaimana cara?

Berikut beberapa tips cara download file agar tidak corrupt ketika selesai di Komputer-laptop:

Gunakan download manager

Aplikasi download manager memiliki pengaturan dimana ketika file di download namun internet lemot (tidak memadai) bahkan tiba-tiba internet terputus maka file tersebut akan terhenti sendiri (secara otomatis) dan masih bisa dilanjutkan .

Jadi intinya ada fitur resmue dan pause secara otomatis yang dapat mencegah file dari corrupt ketika tiba-tiba internet lemot atau bahakn terputus. Beberapa download manager yang populer diantaranya, IDM, Download Accelerator Plus, Jdownloader.

Sedangkan jika menggunakan browse, tidak ada fitur resume dan pause otomatis. Ketika file tersebut dilanjutkan dan proses downloadnya selesai maka file tersebut akan corrupt.

Sambungkan dengan baik download manager ke browser

Khusus pengguna IDM (Internet Download Manager) dan menggunakan browser Mozilla Firefox cobalah untuk menyambungkan dengan baik IDM ke browser.

Hal ini agar IDM bekerja dengan baik ketika melaksanakan dan menyelesaikan tugasnya. Untuk menyambungkan IDM ke Mozilla Firefox dengan baik silahkan mengikuti: cara menyambungkan idm ke mozilla agar otomatis.

Jangan terlalu sering menggunakan fitur resume-pause

Memang fitur resume-pause di download manager sangat bermanfaat untuk yang ingin menunda terlebih dahulu file yang sedang di download karena ada hal-hal tertentu.

Tapi jika terlalu sering akan menyebabkan file menjadi corrupt. Seperti nasihat-nasihat orang tua “Terlalu banyak tidak baik” maka dari itu gunakan fitur resume pause hanya dalam keadaan genting saja.

Jangan mendownload file besar jika internet tidak memadai

Jika memiliki internet yang tidak memadai, khususnya pengguna kuota 3G atau 4G untuk daerah yang tidak terjangkau, alangkah lebih baik tidak memasakan untuk mendownload file besar.

Sebab hal tersebut dapat membuat file menjadi corrupt dan tidak bisa dibuka karena saat mengunduh file, jaringannya terputus-putus yang menyebabkan file yang didownload memiliki data yang tidak beraturan.

Lebih baik memilih file yang ada kode CRC32

Khusus yang mendownload video di internet, lebih baik pilihlah file yang ada kode CRC 32 nya (berbentuk angka dan teks yang dicampur).

Sebenarnya memang apa itu CRC 32? CRC32 adalah kode yang disispkan pada file untuk memverifikasi suatu file apakah sudah berbeda dengan aslinya (corrupt, termodifikasi oleh pihak lain, dsb.) atau tidak.

JIka file sudah telanjur rusak dan ketika dihapus tidak bisa maka ikuti: cara mengatasi file corrupt yang tidak bisa dihapus.

Jika program aplikasi yang didownload maka ikuti: cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dihapus.

Itulah beberapa tips cara agar file tidak corrupt ketika mendownload dan menyimpannya di dalam laptop/Komputer. Jika ada tips lain yang bisa dibagi silahkan berkomentar.

Give a Comment