9 Penyebab dan Cara Mengatasi Twitter Error dan Gangguan

Twitter adalah salah satu sosial media terkenal dan terbesar di dunia. Dengan segudang manfaat dan fungsi yang dibawanya tak heran jika banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut.

Bukan hanya untuk berkomunikasi namun juga untuk saling berbagi informasi. Akan tetapi terkadang Twitter bisa mengalami error juga. Cara mengatasi Twitter error sebenarnya tidak sulit. Anda hanya harus tahu apa penyebabnya.

Memang menjengkelkan jika sedang asyik memakainya namun tiba-tiba error begitu saja.

Itu sebabnya untuk mengatasinya Anda perlu paham setidaknya 9 penyebab yang akan diulas di bawah ini. Dengan mengetahui penyebabnya maka Anda bisa menemukan solusi terbaiknya.

Berikut adalah beberapa penyebab dan solusinya:

Twitternya Galat

Salah satu penyebab yang paling banyak terjadi adalah Twitter galat. Anda bisa membuktikannya dengan mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan alasan Twitter error hari ini. Sebagian besar pasti akan mengatakan jika Twitter galat adalah penyebabnya.

Adapun solusi dari permasalahan ini adalah dengan menutup aplikasi Twitternya dulu. Setelah ditutup maka restart saja ponsel Anda. Setelah melakukan restart, jangan lupa lepas baterai, memori eksternal, serta kartu dari sana.

Apabila ponsel Anda memakai baterai tanam maka lepas saja kartu SIMnya. Setelah dilepaskan maka tunggu selama beberapa menit. Jika sudah, pasangkan semua yang sudah dilepas lagi lalu masuklah ke aplikasi Twitter.

Penuhnya Data Aplikasi Ponsel

Data aplikasi yang penuh juga menjadi penyebab lain dari errornya Twitter. Ketika data aplikasi ponsel penuh, maka biasanya Anda akan sulit untuk memutar video. Pengunggahan foto juga bisa terkendala. Bahkan mungkin untuk mengunggah video juga akan memakan waktu yang sangat lama atau mungkin gagal juga.

Kedua hal itu tentunya akan sangat mengganggu. Padahal bisa saja Anda sedang butuh memutar video yang ada di sana ataupun upload foto terbaru. Bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan kesempatan update, kondisi error ini pasti akan membuat jengkel sendiri.

Permasalahan yang satu ini nyatanya bisa terjadi di berbagai jenis smartphone seperti misalnya Samsung, iPhone, Oppo, Xiaomi, Vivo, dan masih banyak lagi. Bahkan sebenarnya semua merk ponsel bisa saja mengalaminya.

Pada dasarnya data aplikasi penuh disebabkan oleh banyaknya cache di ponsel Anda. Apabila Anda jarang membersihkan data cache maka kinerja ponsel juga tidak bisa selalu kencang. Cache sendiri adalah file sampah yang menumpuk di ponsel Anda. Tak semua orang sadar akan adanya file sampah ini jika mereka tidak mengeceknya.

Lambatnya kinerja ponsel disebabkan oleh termakannya memori internal oleh cache dan data yang tidak dibersihkan. Sebagai akibatnya maka sistem akan sulit membaca serta mengoperasikan aplikasinya dengan normal. Aplikasi Twitter yang Anda install di ponsel juga bisa terkena imbasnya.

Biasanya pertanda jika data aplikasi penuh adalah munculnya notifikasi bertuliskan “Sayangnya Twitter Telah Berhenti” atau “Unfortunately Twitter has Stopped”. Jika tulisan tersebut telah muncul maka Anda tak akan bisa membuka aplikasinya.

Adapun solusinya adalah dengan menghapus cache di ponsel. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam penghapusan cache secara mudah:

  1. Masuk ke pengaturan atau settings.
  2. Pilihlah aplikasi yang telah diinstall.
  3. Pilih aplikasi Twitter.
  1. Klik “Hapus Cache”.
  2. Dan pilih bersihkan cache.

Penghapusan cache tidak akan membuat Anda keluar dari semua aplikasi. Namun jika yang dipilih adalah hapus data maka semua akun aplikasi akan keluar secara otomatis. Anda harus melakukan login ulang seperti semula.

Tidak Update

Jika Anda jarang sekali mengupdate Twitter maka kemungkinan error akan lebih besar daripada mereka yang mengupdatenya. Pembaruan aplikasi adalah hal yang penting. Sejumlah fitur paling baru seperti misalnya story dan video live bisa Anda dapatkan jika melakukan update.

Permasalahan ini biasanya dialami orang-orang ketika mereka akan memberikan komentar. Saat Anda tidak bisa mengomentari Twitter seseorang, maka bisa jadi penyebabnya adalah karena Twitter yang digunakan sudah usang.

Masalah tersebut juga berlaku pada pengguna Twitter yang internetan dengan kuota. Pasalnya update otomatis biasanya akan dilakukan jika pengguna itu sudah terhubung dengan jaringan WiFi. Apabila memang tidak ada WiFi maka tidak ada kesempatan untuk update.

Adapun solusinya adalah dengan update secara manual. Inilah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk update Twitter:

  • Masuk ke Google Play Store.
  • Klik saja ikon tiga baris di bagian pojok kiri atas.
  • Masuk ke mneu Aplikasi dan Game Sya.
  • Carilah aplikasi Twitter biasa ataupun Twitter Lite. Jika sudah ketemu maka klik Update.

RAM atau Internal Memory Penuh

RAM maupun internal memory yang penuh menjadi penyebab lain yang kerap ditemui. Biasanya ketika Anda gagal mengupdate status atau bahkan login, maka hal inilah alasannya. RAM yang penuh bisa terjadi jika Anda mengaksesnya via aplikasi, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan sejenisnya.

Solusi bagi masalah ini adalah dengan melakukan penguninstallan aplikasi lama. Aplikasi lama yang kira-kira sudah tidak dipakai lagi lebih baik dihapus saja. Selain karena memenuhi RAM, belum tentu aplikasi itu berguna dan Anda andalkan setiap hari.

Penghapusan aplikasi tersebut pastinya bisa membuat internal memory berkurang. Selain aplikasi, Anda bisa pula menghapus file tidak berguna seperti foto, video, file, dan dokumen lama yang lainnya.

Terkena Virus

Virus ada dimana-mana. Baik itu PC ataupun smartphone yang bisa dibawa kemana-mana juga bisa terkena virus. Jika virus sudah masuk maka aplikasi apapun termasuk Twitter bisa saja error.

Solusi atas masalah ini adalah hapus terlebih dahulu aplikasinya. Apabila telah dihapus maka unduhlah antivirus terpercaya. Install dan scan ponsel Anda. Tunggu sampai selesai. Cara mengatasi Twitter error terbilang mudah dan ampuh untuk dicoba kapanpun Anda mau.

Overheat

Overheat atau ponsel yang terlalu panas biasanya terjadi apabila Anda membuka banyak aplikasi dalam waktu yang sama. Untuk anak muda, pasti berbagai macam aplikasi diinstall di ponsel. Tanpa disadari biasanya aplikasi-aplikasi itu akan dibuka bertubi-tubi secara bersamaan. Twitter yang dibuka bersamaan dengan lainnya bisa jadi error juga.

Hal itu tidak akan jadi masalah jika Anda membukanya satu per satu. Namun jika Twitter dibuka bersamaan dengan game-game berukuran besar, maka kemungkinan error bisa terjadi kapan saja.

Suhu ponsel yang naik membuat kinerja RAM tidak normal. Apalagi jika memang smartphone milik Anda ada di bawah standar.

Jawaban atas masalah ini yaitu dengan hentikan paksa seluruh aplikasi yang dibuka. Tutup semuanya dan sisakan Twitter saja. Namun jika cara tersebut belum berhasil maka matikan ponsel sebentar. Lepaskan baterai, kartu SIM, serta kartu memori sebentar kemudian pasangkan lagi.

Twitter Berasal Dari Unduhan Ilegal

Pernahkah Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang ilegal? Biasanya jika sumbernya ilegal maka aplikasinya akan rentan bermasalah. Masalah yang terjadi biasanya susah login, tidak bisa chat walaupun telah berhasil login, dan sejenisnya. Twitter bisa menjadi salah satunya.

Sumber yang tidak resmi memang sepintas terdengar baik-baik saja. Namun kenyataannya kerusakan bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Lalu solusi dari masalah tersebut adalah dengan menghapus aplikasi Twitter yang berasal dari sumber ilegal tadi. Unduhlah Twitter hanya dari sumber legalnya seperti misalnya Google Play Store dan install ulang.

Data Browser yang Banyak

Ketika Anda membuka Twitter di PC maupun laptop maka data browsernya yang banyak bisa menjadi penyebab mengapa Twitter error. Sejumlah data browser seperti misalnya cache, history, dan lain-lain yang tidak dihapus bisa membuat kinerja PC atau laptop melambat. Sebagai akibatnya laptop atau PC Anda akan lebih cepat panasnya.

Satu-satunya solusinya adalah dengan menghapus data browsernya. Cara penghapusannya ada di bawah ini. Namun perlu diketahui jika cara ini hanya berlaku di Opera, Google Chrome, serta Mozilla Firefox :

  1. Masuk Pengaturan terlebih dahulu.
  2. Kemudian buka Aplikasi terinstall.
  3. Lalu kemudian pilihlah aplikasi browser yang digunakan. Misalnya pada kali ini menggunakan Chrome, pilihlah aplikasi tersebut.
  1. Kemudian di pengaturan Chrome, geser ke bawah dan pilih Hapus data.
  2. Lalu pilih hapus semua data.
  1. Kemudian bukalah Chrome, klik ikon menu dan pilih History.
  2. Lalu tekan tombol ‘hapus data browsing’. Kemudian akan muncul pilihan rentang waktu, centang semua untuk menghapus seluruh history.
  3. Pilih hapus data.

Cara di atas adalah dengan memakai contoh Google Chrome. Untuk browser lain memang memiliki perbedaan masing-masing. Sesuaikan saja dengan tips di atas.

Lalu cara di atas adalah untuk ponsel Anda. Jika ingin menghapus data browser di PC atau laptop maka langkahnya jauh lebih sederhana. Cukup tekan saja kombinasi tombol CTRL + Delete + Shift. Anda akan masuk ke menu penghapusan data browser secara otomatis. Jika sudah maka hapuslah data browsernya.

Pemblokiran Akses Dari Pemerintah

Anda pasti tak jarang mendengar kebijakan pemerintah yang terpaksa harus membatasi akses sosial media beberapa waktu belakangan. Pemerintah melakukan kebijakan tersebut untuk menjaga situasi supaya lebih kondusif saat ada masalah tertentu.

Twitter bisa menjadi salah satu sosial media yang diblokir. Apabila Anda mengalami permasalahan ini maka tidak ada cara lain selain menggunakan VPN atau proxy. Keduanya bisa membuat Anda membuka Twitter seperti biasa tanpa ada gangguan.

Itulah tadi sembilan jenis cara mengatasi Twitter error dsn juga penyebabnya.

Sudah Anda ketahui sendiri jika penyebabnya tidaklah sama. Banyaknya penyebab itu pastinya membuat solusinya juga berbeda-beda.

Selama Anda memastikan jika penyebabnya tepat, maka solusi di atas bisa berhasil dengan mudah.

Namun jika sudah dicoba tapi masih belum bisa maka Anda bisa menanyakannya ke pihak yang lebih paham mengenai masalah ini.

Sudah lihat ini?

About the Author: Tekkun

Seorang yang sangat antusias terhadap teknologi yang terbaru dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *