Daftar Ukuran Standar Cetak Foto dalam CM yang Benar

Saat ini, siapapun pasti memiliki ponsel. Kegiatan sehari-hari tidak lepas dari kecanggihan fitur yang ada dalam sebuah ponsel, salah satunya memotret.

Banyak orang mempertimbangkan kualitas kamera saat membeli ponsel. Peningkatan kebutuhan masyarakat akan kualitas kamera, pabrik pun berlomba-lomba memproduksi ponsel dengan kamera berkualitas tinggi.

Kualitas kamera di ponsel bahkan bisa disandingkan dengan kamera digital. Tanpa perlu membawa kamera yang lebih berat, orang-orang bisa menggunakan ponselnya untuk mengabadikan setiap momen yang ada.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk edit foto juga sudah banyak. Dengan bermodalkan kamera ponsel beresolusi tinggi dan aplikasi edit foto, siapapun bisa mengambil gambar berkualitas dengan gaya gambar sesuai dengan yang diinginkan.

Jika ingin mencetaknya sendiri, file foto tersebut bisa dicetak melalui printer dengan memindahkan foto di ponsel ke PC.

Ketika mencetak sebuah foto, terkadang kita dibingungkan dengan ukuran foto yang bermacam-macam mulai dari yang kecil sampai yang besar.

Tidak hanya ukuran yang beragam, gaya dalam percetakan foto juga bervariasi. Perkembangan teknologi juga semakin meningkatkan kreativitas orang-orang untuk mencetak foto.

Berikut ini akan dijelaskan secara singkat dan padat mengenai Ukuran Standar Cetak Foto dalam centimeter saat mencetak foto sendiri:

Ukuran dan Gaya Foto Polaroid

Foto yang saat ini sedang digemari adalah desain polaroid. Sebelum mencetak foto dengan desain ini, sebaiknya perlu tahu ukuran detail dari foto polaroid. Standar ukuran foto polaroid adalah 7,7 cm x 9,3 cm.

Ukuran ini berdasarkan foto yang dihasilkan dari Camera Polaroid Instax. Sebelum dicetak, foto bisa diedit terlebih dulu untuk menyesuaikan ukuran tersebut.

Namun dalam mencetak foto, ukuran tidak harus sama persis apalagi jika komputer tidak bisa mengatur ukuran secara manual atau foto terlihat tidak proporsional

Trik yang bisa mengecoh perbedaan ukuran ini adalah membuat model yang sama seperti polaroid yaitu dengan memberikan ruang pada bagian pinggirnya.

Sehingga walaupun ukuran foto kecil atau besar, model foto bisa tetap sama seperti polaroid. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, foto bisa dibuat ukuran 3R (12,7 cm x 8,9 cm) atau 10R (25,40 cm x 25,48 cm).

Selanjutnya, foto tersebut dapat dipotong sehingga ukurannya mendekati ukuran atau gaya foto polaroid.

Ukuran dan Gaya Kartu Pos

Selain model polaroid, foto juga bisa dicetak mirip dengan ukuran kartu pos. Ukuran kartu pos memiliki standar tersendiri yang dapat dijadikan acuan untuk membuat foto bergaya kartu pos.

Kartu pos berbentuk persegi panjang dengan ukuran sekitar 4 x 6 inch. Biasanya kartu pos digunakan untuk menyampaikan pesan saat ada acara atau momen besar.

Template yang biasa digunakan untuk sebuah kartu pos secara umum adalah gambar dan di baliknya digunakan untuk menulis pesan singkat. Gambar yang digunakan dalam kartu pos bisa beragam.

Dalam sebuah negara, perusahaan pos biasanya mencetak kartu pos dengan gambar yang menunjukkan budayanya. Jika kita ingin mencetak sebuah foto dengan gaya kartu pos, gambar yang ingin dijadikan halaman baliknya bisa menyesuaikan dengan keinginan. Foto yang ada di balik kartu pos bisa foto saat acara bersama keluarga atau gambar karya sendiri.

Di Amerika Serikat, perusahaan pos milik pemerintah menetapkan ukuran kartu pos menjadi standar mutlak yang harus dipatuhi.

Jika kartu pos tidak sesuai dengan aturan tersebut, pengirim kartu pos akan dikenai biaya tambahan sesuai yang diatur sesuai dengan ukuran kartu pos yang saat itu digunakan.

Meskipun begitu, kenyataannya orang-orang lebih suka dengan kartu pos berukuran berbeda dari standarnya.

Sehingga para produsen kartu pos tetap menjual kartu pos yang berukuran berbeda dari standar yang ditetapkan pemerintah.

Masyarakat lebih menyukai perbedaan ukuran kartu pos ini karena keunikannya. Selain itu, selera konsumen yang berbeda-beda juga menjadi salah satu penyebabnya.

Kekhasan dari sebuah kartu pos yang memiliki ukuran tidak seperti standar pos juga menjadi pendorong bagi konsumen untuk tetap membeli kartu pos tersebut.

Ukuran Pas Foto

Apabila membutuhkan pas foto tetapi tidak sempat untuk foto, foto yang diambil dengan kamera ponsel bisa dicetak sendiri asal ada printer yang memadai dan kertas khusus untuk foto.

Dengan menggunakan aplikasi seperti Adobe Potoshop atau CorelDraw, foto bisa diedit untuk menyesuaikan ukuran pas foto.

Di aplikasi tersebut sudah ada pilihan aturan untuk ukuran pas foto. Nantinya sebelum mencetak, ukuran bisa dipilih sesuai kebutuhan. Selama rasio foto proporsional, foto bisa dicetak dalam berbagai ukuran.

Ukuran pas foto yang digunakan bisa bermacam-macam. Biasanya ditemui ada perbedaan antara percetakan satu dengan percetakan lain.

Untuk foto biasanya digunakan ukuran mulai dari yang terkceil yaitu 2×3 sampai yang terbesar yaitu 30R.

Tidak hanya itu, mencetak foto juga bisa dilakukan dengan menggunakan ukuran kertas biasa seperti A4, A3, B5, B4, dan B3.

Secara umum, ukuran di bawah ini bisa dijadikan sebagai panduan untuk mencetak foto sendiri di rumah.

Ukuran FotoUkuran dalam cm
Ukuran dompet7,5 x 5,6 cm
Ukuran 2x32 x 2,7 cm
Ukuran 3x42,8 x 3,8 cm
Ukuran 4x63,8 x 5,6 cm
Ukuran 2R5,6 x 8,9 cm
Ukuran 3R (ukuran kartu pos)8,9 x12,7 cm
Ukuran 4R10,2 x 15,2 cm
Ukuran 5R12,7 x17,8 cm
Ukuran 6R15,2 x 20,3 cm
Ukuran 8R (=ukuran 10R)20,3 x 25,4 cm
Ukuran 8R Jumbo (=ukuran 10R Jumbo)20,3 x 30,5 cm
Ukuran 11R28 x 35 cm
Ukuran 12R30 x 40 cm
Ukuran 12R Jumbo30 x 45 cm
Ukuran 16R40 x 50 cm
Ukuran 20R50 x 60 cm
Ukuran 22R50 x 75 cm
Ukuran 24R60 x 90 cm
Ukuran 30R75 x 100 cm
Ukuran A421 x 29,7 cm
Ukuran A329,7 x 42 cm
Ukuran B517.6 x 25 cm
Ukuran B425 x 35,3 cm
Ukuran B335,3 x 50 cm

Biasanya ukuran foto menggunakan satuan inci. Angka dalam tabel tersebut merupakan konversi dari satuan inci dan telah dibulatkan supaya memudahkan.

Untuk membuat pas foto bisa dilihat: cara membuat pas foto sendiri.

Saat mengedit sebuah foto, ukuran foto bisa disesuaikan. Jangan lupa untuk memperhatikan satuan yang digunakan.

Jika bingung memilih ukuran foto yang akan dijadikan acuan, kembalikan ke fungsi dari foto yang akan dicetak.

Dalam dokumen resmi biasanya foto yang digunakan berukuran 2×3, 3×4, atau 4×6. Berbeda lagi jika foto akan digunakan sebagai pajangan di rumah. Ukuran yang digunakan bisa lebih besar, seperti 4R ke atas.

Dengan kecanggihan teknologi, kebutuhan untuk mencetak foto bisa terpenuhi dengan mudah. Mencetak foto juga bisa dilakukan dengan mandiri tanpa perlu repot-repot ke tukang foto. Biaya yang dikeluarkan juga bisa ditekan seminimal mungkin.

Give a Comment