Penyebab dan Cara Mengatasi Whatsapp Error dan Gangguan

Sekarang ini Whatsapp adalah aplikasi yang harus ada di semua smartphone.

Bagaimana tidak, Whatsapp sudah tak bisa dilepaskan dari setiap individu karena fiturnya yang berguna untuk saling berkomunikasi.

Aplikasi chatting tersebut juga mudah untuk dipakai. Namun, di atas keunggulan itu terkadang Whatsapp juga bisa mengalami masalah. Alasan Whatsapp error sendiri terbilang beragam.

Ada banyak alasan mengapa Whatsapp begitu digandrungi oleh banyak orang. Salah satu alasannya adalah karena menariknya fitur yang ada di Whatsapp.

Fitur untuk chat, kirim pesan, video, gambar, suara, file dokumen, dan juga story di Whatsapp membuat aplikasi ini tak lekang oleh waktu.

Dibandingkan aplikasi lain yang sejenis, Whatsapp terbilang paling mudah dioperasikan.

Selain itu aplikasi ringan tersebut dapat diinstall di seluruh merk ponsel, mulai dari Samsung, iPhone, Vivo, Oppo, Xiaomi, Realme, dan masih banyak lagi.

Penginstallan tersebut tentunya harus disesuaikan dengan kapasitas RAM dari tiap smartphone. Biasanya jika RAM ponsel terbilang kecil maka Whatsapp rentan mengalami error.

Untuk mengetahui solusi perbaikannya, Anda harus tahu terlebih dahulu alasan mengapa aplikasi chatting tersebut error.

Hal ini sama seperti ketika : whatsapp tidak bisa dibuka dan whatsapp keluar sendiri dan wa tidak terhubung.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab beserta cara mengatasinya yang efektif untuk dicoba:

Aplikasinya Galat

Apabila Whatsapp yang Anda pakai semula berjalan normal namun tiba-tiba error atau berhenti, maka permasalahannya bisa karena aplikasinya galat. Galat tersebut bisa membuat aplikasi tersebut berhenti dengan sendirinya lalu tak dapat dipakai.

Sebenarnya galat adalah hal yang normal. Semua smartphone rasanya pasti pernah mengalaminya. Adapun untuk mengatasi masalah itu langkahnya tidak susah. Anda bisa melakukannya sendiri dimana saja.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menutup aplikasi Whatsappnya. Apabila sudah ditutup maka restart saja ponsel itu. Jangan lupa cabut baterai, SIM Card, dan external memory. Apabila ponsel Anda memakai baterai tanam maka lepaskan saja SIM Card dan memorinya.

Jika sudah maka tunggulah selama beberapa saat. Pasangkan lagi semua yang sudah dilepas tadi lalu nyalakan lagi smartphone.

Terlalu Banyak Data

Data yang banyak tersimpan di Whatsapp juga bisa membuat aplikasi itu terhenti dengan sendirinya. Jika kapasitas penyimpanan Anda sudah penuh maka tak heran jika Whatsapp sering mengalami masalah.

Penuhnya kapaitas tersebut biasanya dikarenakan Anda jarang atau bahkan tidak pernah menghapus cache atau file sampah di aplikasi itu. File-file yang tidak berguna itu jika tidak pernah dibersihkan maka memori internal Anda akan habis termakan.

Jika dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama maka kinerja smartphone jadi tidak beraturan. Sistem akan mengalami kesulitan pembacaan aplikasi yang ada di dalamnya.

Sebagai akibatnya maka Whatsapp bisa keluar sendiri selama beberapa saat. Pemberitahuan yang biasanya muncul adalah adanya tulisan “Unfortunately whatsapp has stopped”. Apabila notifikasi itu sudah muncul maka Whatsapp akan susah dibuka.

Apabila Whatsapp tersebut memang error karena masalah internal memory yang disebabkan oleh cache maka mau tidak mau Anda harus membersihkan file sampah itu.

Sebagai catatan, dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini maka akan membuat chat yang ada di whatsapp terhapus.

Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan beberapa cara di bawah ini:

  1. Masuklah terlebih dahulu ke pengaturan atau settings. Masuk ke mud settings yang memiliki lambang gerigi.
  2. Carilah menu Aplikasi Terinstall. Jika sudah ketemu maka cari Whatsapp dari beberapa daftar yang ada di sana. Bukalah rincian aplikasi itu.
  1. Selanjutnya bersihkanlah cache dengan cara klik “Hapus Cache”. Tunggu sampai terhapus semua lalu buka lagi aplikasi Whatsappnya. Apabila masih belum bisa terbuka maka lakukanlah tahapan yang sama namun yang dipilih bukanlah “Hapus Cache” melainkan opsi “Clear Data”.

Perlu dipahami jika yang dipilih adalah “Clear Data” maka akun Anda di semua aplikasi akan secara otomatis keluar. Apabila mau mengaksesnya lagi Anda hanya perlu login dengan memasukkan username dan password di tiap aplikasi.

Tidak Melakukan Pembaruan Aplikasi

Penyebab Whatsapp sulit diakses selanjutnya adalah karena Anda tidak melakukan pembaruan aplikasi. Aplikasi Whatsapp tersebut lama tidak diupdate dan membuatnya error sendiri. Solusi untuk permasalahan ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu melakukan update.

Aplikasi Whatsapp biasanya tidak akan melakukan pembaharuan otomatis karena hanya akan terupdate jika menggunakan wifi saja. Maka dari itu, Anda harus melakukannya dengan manual melalui cara di bawah ini :

  1. Masuklah ke Play Store.
  2. Pilihlah lambang tiga garis yang berada di sisi pojok kiri atas. Letaknya dekat dengan tulisan “Google Play Store”.
  3. Jika sudah diklik maka akan ada beberapa sub menu. Pilih saja sub menu Aplikasi dan Game Saya. Carilah aplikasi Whatsapp dan klik update.

Internal Memory Penuh

Alasan lain mengapa Whatsapp sering error adalah karena internal memory penuh. RAM atau internal memory tersebut jika sudah penuh kapasitasnya maka bisa membuat sejumlah aplikasi terkena dampaknya, termasuk Whatsapp.

Maka dari itu, sebagai solusinya Anda bisa menghapus atau menguninstall aplikasi yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi.

Selain menghapus aplikasi, pastikan juga jika data yang ada di internal memory juga terhapus semua. Dengan memberikan ruang yang lebih maka sistem ponsel Anda bisa bekerja seperti sedia kala.

Adanya Virus

Virus bukan hanya menyerang laptop atau komputer saja melainkan ponsel juga bisa terkena. Saat Anda membuka aplikasi Whatsapp di perangkat apapun, virus yang masuk bisa saja membuat aplikasi itu menjadi error.

Solusi dari masalah ini adalah jika Anda memakai Whatsapp di ponsel maka hapus saja aplikasi itu. Uninstall Whatsapp di sistem android ataupun iPhone ponsel tersebut. Pencopotan aplikasi tersebut dilakukan supaya virus tidak menjangkiti atau menyebar ke bagian lain.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah install saja aplikasi pemindai virus ataupun antivirus dengan kualitas yang bagus. Untuk memilih antivirus mana yang paling bagus, Anda bisa melihat dari review yang diberikan di Google Play Store.

Jika sudah diinstall maka pindailah perangkat itu dan tunggu sampai scanning usai. Lama proses scanning tergantung pada jumlah file yang ada di sana.

Makin banyak file atau data yang dipindai maka waktunya juga makin lama. Setelah proses scanning usai maka install lagi Whatsapp dan masuklah seperti biasa dengan memakai nomor ponsel.

Smartphone Terlalu Panas

Pernahkah Anda membuka banyak aplikasi secara bersamaan? Jika iya dan sering dilakukan maka pasti ponsel akan jadi panas bukan? Jika ponsel sudah panas maka beberapa aplikasi bisa menjadi error termasuk Whatsapp.

Sebenarnya hal ini memang kerap terjadi apalagi saat terdapat banyak aplikasi yang Anda unduh dan install dari Play Store. Belum lagi jika aplikasinya berukuran besar dan spesifikasi smartphone Anda kurang mumpuni.

Jadi sebelum bertanya cek terlebih dahulu saja apa saja aplikasi yang dijalankan secara bersamaan. Jika misalnya Anda membuka Whatsapp bersamaan dengan Instagram, Twitter, Facebook, pemutar musik, dan banyak aplikasi lain secara bersamaan lalu kemudian Whatsapp error, maka itulah penyebabnya.

Ponsel yang dipaksa kerja terus menerus akan berefek menjadi panas. Kinerja RAMnya tidak stabil karena aplikasi yang serentak dibuka itu. Solusi untuk mengatasi permasalahan itu adalah dengan menutup paksa semua aplikasinya kecuali Whatsapp.

Jika langkah ini masih belum berhasil karena ponsel sudah terlanjur sangat panas suhunya maka matikan saja ponsel dengan paksa. Lepaskan baterainya, external memory, beserta SIM Cardnya. Jika sudah terlepas semua maka tunggulah selama beberapa saat dan pasangkan lagi. Nyalakan ponselnya dan lihat apakah Whatsapp sudah kembali normal atau belum.

Whatsapp Ilegal

Alasan dan penyebab Whatsapp error selanjutnya adalah Whatsapp tersebut ilegal seperti menginstall GBWhatsapp ataupun sejenisnya.

Whatsapp bukan hanya bisa diunduh melalui Play Store saja. Ada pula yang menyediakan aplikasi itu secara ilegal alias bukan berasal dari situs resminya.

Anda akan dengan mudah menemukan beberapa sumber yang menyediakan Whatsapp secara ilegal. Padahal dengan mengunduh file atau aplikasi yang tidak resmi bisa berbahaya karena rentan rusak dan banyak kerugian lain.

Solusi permasalahan ini adalah Anda hapus saja Whatsapp tersebut. Unduh dan pasang Whatsapp yang berasal dari situs resmi seperti misalnya Appstore maupun Play Store untuk menghindari masalah itu.

Pemerintah Melakukan Pemblokiran

Alasan terakhir yang kerap dialami pengguna Whatsapp adalah pemerintah melakukan pemblokiran.

Di beberapa situasi genting pemerintah biasanya terpaksa harus melakukan langkah tegas, salah satunya adalah dengan memblokir sosial media. Sosial media yang diblokir diharapkan akan membuat situasi jadi lebih kondusif.

Apabila masalahnya datang dari pemblokiran pemerintah maka satu-satunya akses yang bisa ditempuh adalah melalui VPN maupun proxy.

Dengan menggunakan VPN atau proxy maka sejumlah masalah di Whatsapp seperti sulit mengirim gambar, sulit mengirim sticker, tidak bisa melakukan panggilan, susah mengakses kamera Whatsapp, dan berbagai permasalahan lain bisa teratasi dengan baik.

Anda tetap bisa chatting sepuasnya di Whatsapp dengan menembus pertahanan melalui VPN atau proxy.

Aplikasi yang banyak disukai pengguna smartphone tersebut semakin banyak dipakai baik melalui smartphone ataupun lewat komputer dan laptop. Setiap masalah yang muncul penyebabnya pasti berbeda-beda. Solusinya juga tidaklah sama.

Maka dari itu, perlu untuk mengetahui penyebabnya sebelum memutuskan solusi mana yang sekiranya paling efektif untuk dicoba.

Baca juga:

Demikianlah alasan Whatsapp error serta cara mengatasinya. Semoga penjelasan di atas bisa membantu menambah informasi bagi Anda.

Anda tak perlu panik lagi jika tiba-tiba Whatsapp error. Kenali penyebabnya dan selesaikan masalahnya dengan mudah dan cepat.

Give a Comment