Penyebab WhatsApp Keluar Sendiri dan Cara Mengatasinya

Perkembangan teknologi yang pesat semakin memudahkan manusia untuk berkomunikasi. Sekarang kita tidak perlu repot-repot untuk menempuh jarak jauh hanya untuk sekadar menyapa.

Setelah muncul penemuan telepon, komunikasi bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tidak hanya itu, ada banyak inovasi yang dikembangkan supaya komunikasi menjadi lebih mudah.

Teknologi selanjutnya adalah Short Message System (SMS) yang mana kita hanya perlu mengirim pesan layaknya surat tetapi dalam waktu yang lebih cepat.

Orang-orang pun menyukai SMS karena dapat menyampaikan pesan dengan cepat tanpa perlu mengobrol.

Kebutuhan komunikasi manusia terus berkembang. Inovasi yang dimunculkan juga semakin bervariasi.

Berkat internet, komunikasi menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Berbagai produk aplikasi komunikasi dibuat agar pengguna ponsel semakin terbantu dalam berkomunikasi dengan kerabatnya. Salah satu aplikasi komunikasi yang digemari adalah WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp adalah aplikasi yang populer bahkan menduduki peringkat 1 di dunia. pengguna WhatsApp tersebar di berbagai kalangan, mulai dari yang muda sampai yang tua.

WhatsApp digemari karena memiliki fitur yang unik tetapi penggunaannya tetap sederhana sehingga mudah dimengerti.

Proses pembuatan akun juga tidak ribet. Untuk membuat akun WhatsApp, kita hanya perlu menggunakan nomor telepon saja tanpa menggunakan e-mail.

Namun dalam pengoperasiannya, terdapat beberapa kendala yang muncul dari WhatsApp. Beberapa pengguna terkadang mengeluhkan aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri dan eror.

Notifikasi yang biasa muncul adalah “Unfortunately, WhatsApp Has Been Stopped” atau “Sayangnya WhatsApp telah berhenti”.

Permasalahan ini bisa terjadi di berbagai perangkat Android. Penyebab utamanya tidak lain adalah terjadi penumpukan sampah di dalam penyimpanan internal dan eksternal sehingga menyebabkan kerja aplikasi WhatsApp menjadi berat dan lemot.

Akibatnya aplikasi memutuskan untuk menutup supaya ponsel tidak terbebani. Faktor-faktor lain juga dapat mempengaruhi kinerja aplikasi WhatsApp.

Berikut ini adalah kemungkinan-kemungkinan penyebab aplikasi WhatsApp keluar sendiri:

  • Aplikasi yang digunakan dalam versi beta sehingga masih ada beberapa kekurangan yang tidak dikehendaki dan membuat tidak nyaman.
  • Data dari aplikasi belum lengkap sehingga aplikasi tidak berjalan semestinya dan perlu pembaharuan.
  • Konfigurasi salah sehingga menumpuknya file cache.
  • RAM tidak sesuai dengan aplikasi yang dijalankan. Meskipun aplikasi yang digunakan ringan, bisa jadi dalam ponsel terdapat banyak aplikasi lain sehingga menimbulkan aplikasi yang berjalan di balik layar menjadi banyak.
  • Aplikasi tidak kompatibel dengan versi Android atau iOS sehingga tidak berjalan seperti yang seharusnya.
  • Masalah hardware yang tidak kompatibel.
  • Sistem kernel mengalami kesalahan dalam menjalankan program.
  • Koneksi internet tiba-tiba terputus sehingga menyebabkan aplikasi yang membutuhkan internet juga tiba-tiba keluar sendiri.

Jika permasalahan seperti ini muncul, Anda bisa mencoba beberapa alternatif seperti di bawah ini. Cara ini berlaku untuk semua hp seperti xiaomi, samsung, lenovo, vivo, oppo, iphone, dan merk hp lainnya.

Hal ini sama seperti ketika: whatsapp tidak bisa dibuka serta whatsapp error dan gangguan dan whatsapp tidak terhubung internet.

Berikut ini cara mengatasi tiba-tiba whatsapp keluar sendiri di hp:

Menghapus Cache File dari WhatsApp

Cache file akan selalu muncul setiap ada aplikasi yang dijalankan. Cache file merupakan sampah yang tidak bisa hilang secara otomatis.

Cache file harus segera dibersihkan secara rutin. Jika tidak segera dihapus, maka file tersebut akan membebani ponsel terutama aplikasi yang sedang dijalankan.

Cache file tidak hanya dihasilkan oleh WhatsApp, tetapi berbagai aplikasi lain terutama aplikasi messenger yang dapat menerima media berupa file, gambar, audio, bahkan video.

Untuk menghapus cache file:

  • Kita hanya perlu pergi ke menu. Setelah itu, cari menu pengaturan dan klik.
  • Dari berbagai opsi yang ada, cari opsi Aplikasi. Pilih tab Unduhan dan cari WhatsApp. Di situ akan terlihat berapa jumlah penyimpanan yang sedang digunakan oleh WhatsApp.
  • Pilih Hapus Cache dan tunggu ponsel membersihkan cahce file.

Tiap hp berbeda-beda cara menghapus cache jadi silahkan diimprovisasi. Di atas menggunakan hp xiaomi.

Menghapus Semua Cache

File sampah tidak hanya berasal dari WhatsApp. Semua aplikasi menghasilkan cache file. Meskipun setelah diperiksa ditemukan bahwa cache file WhatsApp sedikit, salah satu faktor yang dapat menyebabkan WhatsApp keluar sendiri adalah cache file dari aplikasi lain menumpuk.

Untuk mengatasi permasalahan ini:

  • Pergi ke menu Application Manager yang ada di Setting.
  • Pilih opsi hapus Cache.
  • Setelah memilih opsi ini, semua cache yang ada dalam ponsel akan terhapus.

Sebagai catatan, semua pengaturan hp berbeda-beda di atas tersebut menggunakan hp samsung.

Menghapus Data Aplikasi WhatsApp

Selain cahce file, hal lain yang membuat WhatsApp keluar sendiri adalah adanya data aplikasi yang besar.

Ketika Anda menghapus data aplikasi, WhatsApp akan seperti aplikasi yang baru diinstall. Semua history, file, cache, dan chat yang ada akan terhapus, bahkan dalam beberapa kasus akun akan terlogout.

Jika Anda merasa chat tidak ada yang perlu disimpan, cara ini adalah cara yang paling jitu dalam mengatasi permasalahan aplikasi yang tertutup sendiri.

Apabila ingin melakukan cara ini tetapi tidak ingin data hilang, Anda bisa melakukan backup terlebih dulu.

Namun jika ada backup, kemungkinan jumlah data aplikasi akan sama seperti sebelum data aplikasi dihapus.

Caranya adalah:

  • Pergi ke menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Aplikasi.
  • Klik tab Unduhan dan cari aplikasi WhatsApp.
  • Langkah terakhir adalah klik Paksa Berhenti dan Hapus Data.

Update WhatsApp

Update dilakukan untuk menghilangkan bug dan kerusakan yang terjadi. Update bisa dilakukan dengan membuka Google PlayStore dan cari aplikasi WhatsApp.

Install ulang Aplikasi WhatsApp

Jika semua cara sebelumnya tidak bisa dilakukan, ada alternatif lain. Hapus atau uninstall aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel melalui menu Aplikasi yang ada di Pengaturan. Setelah terhapus, install kembali WhatsApp melalui Google PlayStore. Aplikasi WhatsApp akan berjalan lebih lancar dibandingkan sebelumnya.

Matikan Ponsel dan Cabut Baterai, SIM, SD Card

Cara ini terkadang berhasil, terkadang tidak. Anda bisa mematikan ponsel dan mencabut semua komponen yang ada.

Setelah itu, pasang kembali dan nyalakan ponsel Anda. Pada beberapa ponsel, baterai sudah tertanam sehingga tida bisa dengan mudah dicabut. SIM dan SD Card juga biasanya susah untuk dikeluarkan.

Apabila ditemui kendala seperti ini, Anda hanya perlu merestart saja. Restart ponsel sebaiknya dilakukan minimal sehari sekali, umumnya setelah ponsel seharian digunakan.

Setelah seharian digunakan, biasanya aplikasi yang ada di balik layar menjadi sangat banyak dan memakan ruang RAM. Hal ini dapat berfungsi untuk mengurangi beban ponsel karena aplikasi yang sedang dijalankan.

Permasalahan RAM

Dalam ponsel terdapat RAM yang membantu berjalannya suatu aplikasi. RAM yang tidak sesuai atau kehabisan memori dapat menjadi salah satu faktor aplikasi WhatsApp tidak berjalan semestinya.

Coba cek RAM yang ada di ponsel dan periksa aplikasi apa saja yang memakan ruang RAM. Jika RAM hampir habis, Anda bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak lagi diperlukan.

Kompatibilitas iOS dan Android

Versi iOS dan Android dapat mempengaruhi kerja sebuah aplikasi. Misalnya jika Anda menggunakan iOS 6.1.1 dan menemukan permasalahan ini sedangkan teman menggunakan versi iOS 6.1.1 dan tidak ada kendala, kemungkinan penyebabnya ada di versi iOS yang digunakan.

Untuk mengatasi hal ini, lakukan update pada iOS atau Android ke versi terbaru. Update iOS dan Android dapat mengurangi bug yang ada dalam aplikasi.

Tidak hanya itu, update sistem juga membuat aplikasi lebih stabil dan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya crash atau tertutup sendiri pada aplikasi.

Memastikan koneksi internet lancar

Koneksi internet dapat mempengaruhi berjalannya suatu aplikasi. Untuk melihat koneksi internet, bisa dilihat dari nilai transfer data atau signal bar yang ada di bagian atas layar.

Apabila aplikasi tiba-tiba tertutup dan koneksi internet sedang terputus-putus, bisa jadi inilah penyebabnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai penyebab dan cara untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang tiba-tiba tertutup sendiri.

Baca juga:

Diharapkan dengan adanya penjelasan ini dapat membantu Anda jika menemui masalah serupa.

Give a Comment