Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka

Whatsapp merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan orang-orang. Mulai dari pejabat, artis, maupun orang biasa banyak yang menggunakan aplikasi tersebut. dari beberapa pemakainya, permasalahan yang tak bisa lepas dari Whatsapp adalah aplikasinya tidak bisa dibuka. Adapun penyebab Whatsapp susah dibuka sangat beragam. Jadi solusinya juga berbeda-beda.

Whatsapp yang error bukan hanya Whatsapp yang diakses di ponsel saja. Whatsapp yang dibuka di PC atau laptop dengan berbagai browser juga bisa susah dibuka. Macam-macam browsernya juga tak mengurangi kemungkinan aplikasinya sulit dibuka.

Walaupun Anda melakukan update dan keluar masuk aplikasinya, namun Whatsapp yang susah dibuka masih bisa terjadi. Lalu apa sebenarnya alasan mengapa Whatsapp sulit dibuka?

Guna menjawab pertanyaan tersebut, di bawah ini akan dijelaskan beberapa penyebabnya.

Solusi untuk mengatasinya juga sudah ada di sana. Untuk mengetahui solusi perbaikannya, Anda harus tahu terlebih dahulu alasan mengapa aplikasi chatting tersebut error.

Hal ini sama sepertik ketika: cara mengatasi whatsapp keluar sendiri dan whatsapp error dan gangguan tidak bisa diakses dan wa tidak terhubung.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab beserta solusi memperbaikinya yang efektif untuk dicoba:

Terjadi Galat

Sistem hp yang tidak stabil bisa membuat Whatsapp menjadi galat. Untuk mengatasi masalah tersebut langkahnya mudah. Anda hanya perlu mengistirahatkan ponselnya. Matikan ponsel tersebut sebagai langkah pertama.

Jangan lupa cabut baterai dan SIM Card. Apabila ponsel Anda memakai baterai tanam maka lepaskan saja SIM Card. Tunggu sampai ponsel jadi dingin dan pasang lagi semuanya.

Penuhnya Data Aplikasi

Data yang banyak tersimpan di Whatsapp membuat aplikasi itu berhenti sendiri. Apabila kapasitas penyimpanan telah penuh maka Whatsapp dapat sering terkena masalah.

Pemberitahuan yang muncul yakni dengan adanya tulisan “Unfortunately Whatsapp has stopped”. Apabila notifikasi itu sudah muncul maka Whatsapp biasanya akan sulit untuk dibuka lagi. Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah:

  1. Masuklah terlebih dahulu ke pengaturan atau settings.
  2. Pilihlah opsi Aplikasi Terinstall/Kelola Aplikasi.
  1. Pilih aplikasi Whatsapp dan tekan Hapus Data.

Sebagai catatan cara di atas menggunakan hp xiaomi, jika menggunakan hp yang lain silahkan diimprovisasi.

Cara di atas akan menghapus seluruh chat, jadi harus backup terlebih dahulu sebelum melakukannya

Dengan memilih adalah “Clear Data” maka akun Anda di seluruh aplikasi akan secara otomatis keluar. Anda hanya perlu login dengan memasukkan username dan password di tiap aplikasi jika mau mengaksesnya lagi.

Whatsapp Tidak Diupdate

Penyebab lain yang membuat Whatsapp susah untuk diakses adalah karena Anda tidak melakukan pembaruan aplikasinya. Hal ini biasanya dialami bagi Anda yang menggunakan kuota minim. Bagi pengguna kuota melakukan update aplikasi haruslah menunggu adanya WiFi.

Apabila tidak segera diperbaiki maka membuat Anda susah masuk di aplikasi tersebut. Anda harus melakukannya dengan manual melalui cara berikut ini:

  1. Masuklah ke Google Play Store.
  2. Pilihlah ikon tiga garis yang berada di sisi pojok kiri atas.
  3. Pilihlah menu Aplikasi dan Game Saya.
  4. Carilah aplikasi Whatsapp dan klik update.

Penuhnya Memori Internal Smartphone Anda

Alasan lain kenapa Whatsapp sering error saat akan diakses yaitu karena penuhnya memori internal ponsel Anda. Internal memory yang sudah penuh kapasitasnya dapat merusak aplikasi lain yang berjalan. Ponsel bisa jadi cepat panas. Jika Anda nekat meneruskannya maka komponen ponsel bisa rusak.

Maka dari itu, Anda harus menghapus atau menguninstall aplikasi yang tidak terpakai. Pastikan juga jika data yang ada di memori internal seperti dokumen, foto, video, musik yang tidak berguna terhapus semua.

Perangkat yang Digunakan Terjangkit Virus

Ketika Anda membuka Whatsapp di perangkat apapun, virus bisa saja dan membuat aplikasi itu error. Virus mudah sekali masuk. Apalagi jika perangkat Anda tidak ada pelindungnya sama sekali. Anda perlu memastikan jika perangkat yang digunakan untuk mengakses Whatsapp tidak terkena virus.

Selain itu, install aplikasi pemindai virus ataupun antivirus. Pilih yang kualitasnya bagus. Lakukan penyecanan secara menyeluruh. Ciri-ciri perangkat yang ada virusnya biasanya terlihat dari komponennya yang cepat panas. Anda juga sering lag saat membuka aplikasi apapun.

Membuka Aplikasi Lain Bersamaan Dengan Whatsapp

Pernahkah Anda membuka aplikasi secara bersamaan dengan Whatsapp? Biasanya jika seperti itu maka Whatsapp jadi susah diakses. Walaupun ponsel zaman sekarang bisa dipakai untuk multitasking namun bukan berarti Anda bisa terus menerus membuka aplikasi secara bersamaan. Terlebih jika spesifikasi ponselnya minim.

Jika Anda nekat meneruskannya maka ponsel bisa cepat panas. Sebagai akibatnya maka aplikasi dapat berhenti tiba-tiba. Lalu solusi dari masalah ini adalah dengan menutup aplikasinya.

Apabila Anda sudah menutupnya namun masih error juga maka matikan saja ponsel tersebut. istirahatkanlah dan cabut SIM Card serta baterainya. Jika baterainya model baterai tanam maka lepaskan saja SIM Cardnya.

Internet Lemot dan Server Down

Penyebab lain dari Whatsapp yang sulit dibuka adalah karena jaringan internet yang lemot. Dari login sampai membuka foto dan video atau bahkan menulis twit bisa saja susah diakses karena internetnya yang terbilang lemot. Solusi permasalahan ini adalah tunggu saja sampai jaringan internet kembali stabil.

Jika sudah ditunggu namun belum stabil juga maka carilah tempat lain yang lebih ideal. Server Whatsapp yang down menjadi penyebab Whatsapp susah dibuka lain. Permasalahan ini adalah faktor eksternal yang terbilang sulit diatasi.

Akun Terblokir

Permasalahan ini paling banyak dihadapi oleh pengguna Whatsapp. Jika Anda melanggar kebijakan Whatsapp seperti misalnya melakukan reply dengan tidak sopan, sering melakukan spam, atau membalas Whatsapp dengan menyerang, maka akun tersebut bisa diblokir.

Diblokirnya akun itu adalah kebijakan dari pihak Whatsapp. Anda yang menggunakan Whatsapp namun tidak melanggar kebijakan maka tak akan ada masalah yang berarti. Namun jika terbukti melanggar, maka banned adalah konsekuensinya,

Jika Anda adalah salah satu pengguna Whatsapp yang kena banned maka ajukan saja banding ke pihak Whatsapp. Ketika Anda mengajukan banding, masukan data yang valid. Data seperti email, nomor ponsel serta akun Whatsapp haruslah sesuai dengan identitas Anda. Jangan lupa untuk mengisi dengan sejujurnya alasan yang membuat akun tersebut terblokir.

Aksesnya Diblokir Pihak Lain

Pemblokiran bisa juga dilakukan oleh pihak lain. Untuk kasus ini biasanya terjadi di lingkup pendidikan seperti misalnya perpustakaan, sekolah, maupun universitas. Dengan melakukan pemblokiran maka orang yang terlibat di lingkup tersebut tidak akan terganggu produktivitasnya.

Biasanya ketika orang-orang di dalamnya dibebaskan untuk mengakses sosial media full selama di jam kerja, maka kinerja mereka bisa berkurang. Yang ada para karyawan akan sibuk menulis twit ataupun mereply twit pekerja lain. Jadi untuk masalah yang satu ini solusinya adalah tunggu sampai pemblokiran selesai dilakukan.

Pemerintah Melakukan Pemblokiran

Di sejumlah situasi genting pemerintah akan melakukan beberapa kebijakan, salah satunya adalah melakukan pemblokiran. Pemblokiran sosial media akan membuat kondisi jadi lebih kondusif.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan memakai VPN atau proxy. Jika Anda menggunakan salah satu dari kedua cara itu maka akses Whatsapp masih bisa dirasakan.

Itulah tadi beberapa penyebab Whatsapp susah dibuka serta cara mengatasinya. Semua permasalahan Whatsapp pasti dapat diselesaikan dengan cara tersebut.

Baca juga:

Jadi kenali saja penyebabnya apa dan selesaikan dengan mudah. Sekian semoga penjelasan ini bisa membantu Anda.

Give a Comment