Penyebab dan Cara Mengatasi Wifi Putus Nyambung Android

Kebutuhan internet sudah masuk ke dalam golongan kebutuhan primer. Setiap orang membutuhkan internet, baik untuk keperluan di pekerjaan atau hanya sekadar rekreasi.

\Internet bisa dijangkau melalui data seluler nomor ponsel masing-masing atau memanfaatkan Wireless Fidelity (WiFi). Beberapa tempat publik mulai menyediakan koneksi internet berupa WiFi yang bisa dinikmati oleh siapapun.

Namun, kadang ada kalanya sambungan internet dengan WiFi tiba-tiba putus. Hal ini akan sangat mengganggu terutama jika koneksi internet benar-benar dibutuhkan untuk keperluan pekerjaan.

Jika dicek, indikator jaringan sinyal di ponsel atau laptop menunjukkan bahwa internet terlihat tersambung dan stabil. Pastinya hal ini sangat membingungkan.

WiFi memang sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang berkunjung ke suatu tempat untuk mendapatkan koneksi internet secara gratis.

Jaringan yang disebar melalui WiFi juga lebih besar sehingga menyebabkan kecepatan internet yang dihasilkan oleh WiFi lebih cepat dibandingkan dengan akses internet dari data seluler.nHal ini disebabkan karena WiFi memiliki bandwith yang besar.

Kendala-kendala yang menyebabkan koneksi internet putus bisa disebabkan oleh berbagai macam permasalahan.

Hal ini mirip dengan: Hp Samsung Hilang Sinyal.

Dalam tempat publik, banyaknya pengguna WiFi dapat menyebabkan koneksi terganggu. Selain karena jumlah pengguna yang sangat banyak, penyebab lain bisa disebabkan oleh faktor perangkat.

Perangkat WiFi bisa saja mengalami kerusakan atau ada pengaturan yang salah. Jika semua faktor tersebut tidak sesuai dengan kondisinya, bisa saja memang jaringan internet yang tidak ada.

Untuk memastikan apa penyebabnya, perlu dilakukan pengecekan melalui check troubel shooting. Dengan cara ini, akan ditemukan penyebab utama mengapa jaringan internet tiba-tiba putus.

Koneksi internet yang tiba-tiba putus sangat mengganggu. Namun, jika menemui masalah ini, kita bisa mengatasinya sendiri.

Berikut cara mengatasi koneksi wifi putus nyambung di hp android:

Memeriksa pengaturan WiFi di hp

Cara pertama yang dilakukan adalah memeriksa pengaturan WiFi di ponsel. Hal ini bertujuan memastikan WiFi dalam keadaan terus menyala walaupun ponsel dalam keadaan tertidur. Untuk mengaturnya, perhatikan langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke dalam menu dan pilih Pengaturan (Settings)
  2. Dari berbagai opsi yang ada, pilih WiFi
  3. Pilih Setelan Lanjutan (Advanced Options)
  4. Pada menu WiFi Aktif Saat Tidur, pilih opsi Selalu (Always)

Dengan langkah ini, WiFi akan selalu aktif meskipun ponsel dalam keadaan tertidur. Pengaturan ini akan sesuai apabila WiFi selalu mati ketika ponsel dalam keadaan tertidur.

Memastikan jaringan WiFi yang diterima bagus

Jika pengaturan dalam ponsel sudah benar, pastikan jaringan internet yang diterima bagus. Jaringan internet bisa dilihat di bar WiFi yang ada di ponsel.

Untuk jaringan internet yang bagus, setidaknya terdapat 3 bar.

Meskipun begitu, ada beberapa kasus yang mana WiFi bar penuh tetapi jaringan internet yang diterima tidak ada.

Cara lainnya adalah dengan melihat transfer data yang diterima dari WiFi. Biasanya dalam ponsel, transfer data akan muncul di sebelah bar WiFi.

Jika tidak ada, hal ini bisa diatur supaya transfer data muncul. Berikut adalah langkah yang perlu dilakukan untuk menampilkan koneksi WiFi.

  1. Masuk ke dalam menu dan pilih Pengaturan (Settings)
  2. Pilih menu Notifikasi dan Bar Status
  3. Dalam menu tersebut, pilih opsi Tampil Kecepatan Koneksi (Show Connection Speed) dan aktifkan opsi tersebut.

Setelah opsi tersebut diaktifkan, pada status bar akan muncul transfer data WiFi. Transfer data WiFi akan muncul di sebelah WiFi Bar.

Kedua komponen ini bisa digunakan untuk melihat kecepatan koneksi dan dapat dijadikan acuan jaringan internet yang diterima.

Jika tiba-tiba koneksi internet putus, coba cek transfer data yang diterima. Apabila angka yang muncul adalah 0.00 kB/s meskipun bar WiFi terisi, hal ini menunjukkan tidak ada jaringan internet yang diterima. Hal inilah yang menyebabkan koneksi internet tiba-tiba terputus.

Restart hp

Jika pengaturan WiFi di ponsel sudah benar dan transfer data menunjukkan ada jaringan sinyal yang diterima, mungkin ada beberapa kesalahan dalam ponsel.

Coba untuk mematikan WiFi dan  merestart ponsel. Setelah menyala kembali, coba tunggu sebentar.

Setelah itu, nyalakan opsi WiFi di pengaturan atau di jalan pintas yang ada. Cek apakah jaringan internet sudah bagus atau belum.

Update sistem jika tersedia

Jika muncul notifikasi untuk update sistem, jangan diabaikan. Jika sistem tidak di-update dengan rutin, bisa jadi ada bug dalam ponsel yang menyebabkan jaringan internet tidak bisa diterima

Dengan update sistem, ponsel akan bisa terbebas dari bug yang mengganggu kerja dari ponsel.

Mematikan aplikasi lain yang sedang berjalan

Terputusnya jaringan internet dari WiFi bisa disebabkan karena ada banyaknya aplikasi yang sedang berjalan.

Jaringan WiFi bisa saja terganggu dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, nonaktifkan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Selanjutnya, coba periksa bagaimana jaringan WiFi yang diterima.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jaringan internet WiFi yang bermasalah. Jaringan internet yang tiba-tiba putus atau putus menyambung bisa disebabkan karena banyak faktor, salah satunya adalah jaringan internet yang memang lemah.

Faktor lainnya bisa disebabkan oleh pengaturan di ponsel atau router yang kurang tepat. Jika masih belum bisa, jangan terburu-buru menyalahkan hardware.

Coba untuk menyambungkan ke hardware lain atau menggunakan ponsel yang berbeda di hardware yang sama.

Jika masih ditemui masalah, kemungkinan besar memang disebabkan karena jaringan internet yang lemah atau malah tidak ada.

Dan jika masalah tersebut adalah hp xiaomi maka bisa cobalah untuk mengikuti: cara mengatasi wifi di hp xiaomi tidak konek.

Setelah mencobanya dan ingin hotspot Tethering ke laptop/komputer maka ikuti: cara mengatasi hotspot wifi hp xiaomi tidak konek ke laptop/komputer.

Coba untuk menghubungi customer service dari internet provider.

Give a Comment